Prinsip Kerja Pada Adobe Photoshop



Assalamu'allaikum Warohmatuallhi Wabarokatuh… Selamat pagi Indonesia, Selamat pagi Bogor. Selamat datang di blog gua, jangan lupa tersenyum dan selalu bersyukur. Semoga kita semua selalu sehat serta selalu dalam lindungan Allah Subahanahu Wata’ala dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.. Aamiin ya Allah…

Akhirnya setelah sekian lama gua mandeg nulis blog, dikesempatan kali ini gua mau ngelanjutin tulisan gua yang ngebahas tentang Belajar Adobe Photoshop Untuk Pemula, yang sebelum nya gua udah tulis adalah Mengenal User Interface Adobe Photoshop Untuk Pemula dan ini lanjutan nya gua beri judul Prinsip Kerja Pada Adobe Photoshop. Well kalau lu mampir kesini buat iseng belajar atau hanya sekedar gabut karena gak ada bahan bacaan maka gua ucapkan “selamat mengikuti cerita selanjutnya… dan tulisan ini gua persembahkan khusus buat lu lu yang ingin belajar tentang Photoshop.. hahahaa…”


Mungkin lu pernah bertanya bagaimana sebuat photo editing dapat menghasilkan sebuah karya yang begitu mengagumkan serta indah untuk dipandang, dan contoh dari sebuah pekerjaan digital editing adalah poster sebuah film (lihatlah poster film-film box office yang begitu menarik, dan itu bisa dikerjakan dengan Photoshop), bagaimana photo tersebut diproses serta software apa yang digunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut.? Nah salah satu software yang sudah sangat dikenal se-antero jagat raya dalam kemampuannya melakukan pekerjaan digital editing adalah Adobe Photoshop. Dan untuk pemula yang ingin belajar software ini gua akan bagi sedikit cerita, yang gua dapat dari berbagai sumber dan literatur yang gua baca serta pelajari untuk bisa menggunakan software yang satu ini. Anggep aja disini gua mau sharing pengalaman, bukan menggurui atau bahkan merasa paling bener atau paling jago, hahahaa.. biar tetep santuy..


Pertama lu kudu mengerti kalau Photoshop adalah software yang lebih difokuskan untuk mengolah gambar bitmap, bukan gambar vektor. Jika lu ingin tau apa itu gambar bitmap dan gambar vektor lu bisa googling aja gaess, karna gua belum buat tulisan tentang itu. Selanjutnya ketika lu udah paham dan mengerti bahwa Photoshop lebih di khususkan untuk mengolah gambar bitmap, maka lu harus tau kalau pada proses kerja sebuah digital editing di Photoshop, lu akan berkerja dengan Layer. Apa itu layer.? Layer adalah lapisan atau tumpukan gambar bitmap/vektor yang akan lu susun sesuai urutanya dan keinginan lu, dan layer yang di susun bertumpuk-tumpuk akan menghasilkan sebuah hasil akhir dari proses digital editing yang lu lakukan. Simple nya begini, lu tau kue lapis kan..? yang terdiri dari lapisan-lapisan kue dengan ragam warna. Nah supaya lu mudah memahami apa itu layer, lu inget-inget aja kue lapis gaess. Dan layer yang palling atas akan menutupi layer dibawahnya. Untuk bisa memahami layer pada Adobe Photoshop, coba perhatikan ilustrasi gambar yang gua buat dibawah ini;



















Well.. sekian dulu cerita gua mengenai layer di Prinsip Kerja Pada Adobe Photoshop, semoga dapat menambah wawasan lu dalam belajar photoshop dan jika lu punya pendapat yang berbeda dari gua, lu mau nambahkan pemahaman lu biar kita makin kaya informasi, jangan sungkan corat coret di kolom komentar dibawah, atau cantumin link buat gua belajar lagi mengenai apa yang gua share diatas. Terima kasih udah mantengin blog gua, jangan pernah berhenti untuk belajar dan sharing lah apa yang telah lu pelajarai. Sampai ketemu di tulisan gua selanjutnya dan teruslah berkarya gaess… wasalamuallaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Penulis: @kiyohimura

Illustrasi Gambar Create and Edit by: @kiyohimura
Software: Adobe Photoshop CS6 
Source: Dari berbagai sumber
Source Foto: Google.com




Komentar

Baca Juga

Tips Memilih Sepatu Roda Untuk Pemula

Mengenal User Interface Adobe Photoshop Untuk Pemula

Komunitas Sepatu Roda Di Citra Raya Cikupa - Tangerang Banten