Mengenal User Interface Adobe Photoshop Untuk Pemula

Selamat Pagi Indonesia, Selamat Pagi Bogor... Assalamu'allaikum warohmatullahi wabarokatuh, semoga kita semua senantiasa selalu dalam keadaan sehat serta selalu dalam lindungan Allah subahanahu wata’ala.. Aamiin. Selamat datang di blogg gua gaess, jangan lupa tersenyum dan selalu bersyukur...

Kali ini gua mau share atau belajar bareng mengenai salah satu software digital editing yang sudah sangat terkenal di dunia seantero penjuru belahan bumi ini gaess.. software ini banyak sekali digunakan di kalangan profesional untuk mendukung perkerjaan digital editing mulai dari dunia percetakan hingga industri Advertising komersil gaess karena kemudahan dan kemampuan software ini dalam mengolah digital image nya sangat baik gaess. Software tersebut yaitu Adobe Photoshop, software ini sudah tidak diragukan lagi kemampuanya dalam melahap pekerjaan digital editing gaess. So, disini gua mau share cara menggunakan software ini berdasarkan pengalaman gua selama belajar dan menggunakan Adobe Photoshop ini, dan juga dari berbagai sumber yang gua pelajari.


Sumber Foto: Google


Disini yang ingin gua share lebih dulu yaitu mengenai user interface Adobe Photoshop untuk pemula. Karena jika kita sendiri belum mengenal/mengerti mengenai user interface yang ada di area kerja (working space) pada software ini, nanti bisa menimbulkan kebingungan/hambatan di tahapan belajar nya gaess. Well, langsung saja ke inti tulisan ini gua buat..

User Interface Adobe Photoshop CS6

 
Diatas adalah tampilan utama dari Adobe Photoshop, lu akan melihat user interface tersebut saat menjalankan aplikasi Adobe Photoshop (gua pakai Adobe Photoshop CS 6 Portable), nah mari kita list satu per satu secara garis besar gaess.

1. Menu Bar

Seperti aplikasi lain pada umumnya, Menu Bar akan selalu ada dan biasanya tempatnya juga selalu di bagian atas jendela kerja dari sebuah aplikasi. Pada Adobe Photoshop, menu bar terdiri dari berbagai menu yaitu File, Edit, Image, Layer, Type, Select, Filter, 3D, View, Window, dan Help. Dari menu-menu tersebut, jika di klik akan membuka atau menampilkan sub menu yang ada didalamnya pada masih masing menu.
 

Sub Menu

2. Option Bar

Option Bar pada working area Adobe Photoshop letaknya di bawah menu bar, dan pada option bar ini berisi dari berbagai pilihan settingan dari setiap tool yang dipilih. Jadi ketika kita memilih tool "Move Tool (V)" maka isi pada option bar terdiri dari beberapa pilihan setting untuk Move Tool. Dan jika kita pilih jenis tool yang lain, maka option bar secara otomatis akan ikut berubah sesuai dengan setting yang diberikan kepada tool yang dipilih.

 Option Bar

 3. Tool Bar

Tool Bar pada working area Adobe Photoshop terletak di sebelah kiri. Pada tool bar ini terdapat beberapa tool yang disediakan oleh Adobe Photoshop sebagai tool untuk melakukan pekerjaan digital editing seperti Move Tool, Laso Tool, Magic Wand Tool, Crop Tool dan lain lain. Pada masing masing tool yang ada tanda panah kecilnya pada pojok kanan bawah, jika di klik dan ditahan akan membuka sub tool atau tool yang lain dari pilihan tool tersebut.


Tool Bar dan Sub Tool

4. Panel / Tab Group

Panel/Tab Group pada working area Adobe Photoshop terletak pada sebelah kanan. Panel berisikan jendela informasi/menu yang memuat beberapa info seperti Layers, Color, Brush, Style, Paragraph dan lain-lain. Jendela informasi/menu ini bisa dimunculkan dan dihilangkan melalui Menu Window. Dan kita bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan kita sendiri alias bebas mengatur work space alias editable.

 Panel Bar 
Well, kayak nya segini dulu yang bisa gua shere mengenai Mengenal User Interface Adobe Photoshop Untuk Pemula, dan ini gua buat berdasarkan pengalaman gua selama belajar dan menggunakan software ini gaess. Kalau lu punya tambahan lain yang ingin lu share disini, jangan sungkan langsung aja corat coret dikolom komentar gaess. Sampai jumpa di tulisan gua selanjutnya.. wasallamuallaikum warohmatullahi wabarokatuh..


Penulis: @kiyohimura

Ilustrasi Gambar Create and Edit by: @kiyohimura

Software: Adobe Photoshop CS6 Portable

Source: dari berbagai sumber

 

Komentar

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Posting Komentar

Baca Juga

Tips Memilih Sepatu Roda Untuk Pemula

Komunitas Sepatu Roda Di Citra Raya Cikupa - Tangerang Banten